Selasa, 7 Februari 2023

Hany Marantek, Fide Master Internasional yang Terabaikan (1) : Merantau dari Manado, Bertolak ke Singapura dan Malaysia

- Selasa, 22 Februari 2022 | 20:37 WIB
DAPAT PENGHARGAAN : Fide Master Internasional, Hany Marantek (kanan) ketika menerima penghargaan dalam penghargaan kepada pemain catur veteran terbaik di Bekasi. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK
DAPAT PENGHARGAAN : Fide Master Internasional, Hany Marantek (kanan) ketika menerima penghargaan dalam penghargaan kepada pemain catur veteran terbaik di Bekasi. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Belum banyak yang mengenal Fide Master Internasional, Hany Marentek yang kini hidupnya makin terabaikan oleh perkembangan jaman. Meski, sebelumnya dia kerap menyumbang berbagai prestasi gemilang.


Laporan : Gerard Soeharly


RADARDEPOK.COM, Masih terekam jelas dalam ingatan Hany Marantek, yang kini berusia 62 tahun, kala Kapal Pelni jurusan Makassar-Jakarta bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. Waktu itu, dia yang masih berumur 10 tahun, akan meninggalkan kampung halamannya demi bertemu dengan kedua orangtuanya.


Sepanjang perjalanan, dia membayangkan wajah idolanya dalam dunia percaturan. Marantek berharap suatu saat dia dapat menjadi seperti sang idola. Dalam kapal tersebut, Marantek juga menyempatkan melakukan pertandingan catur kecil dengan penumpang lainnya.


"Jadi, saya mulai menyukai catur itu sejak kecil waktu saya masih di kampung halaman saya di Manado," ungkap Marantek kepada Radar Depok, Selasa (22/2).


Sesampainya di Ibu Kota, Marantek mulai mencoba merealisasikan angan-angannya. Dia mulai bergabung dengan berbagai klub catur. Ilmu start dan end dalam catur terus ditekuninya.


Bertahun-tahun lamanya, Marantek akhirnya menemukan titik terang. Kala itu, dia mendapatkan informasi tentang adanya turnamen rating internasional di Roxi, Jakarta.


Dengan sedikit keraguan, Marantek memberanikan diri untuk mendaftarkan. Melalui ketekunannya, dia berhasil mendapatkan Juara 1.


"Nah, setelah dari situ barulah saya mendaptkan gelar fide master internasional," tuturnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:25 WIB

Dinkes Bersama PERSAGI Periksa Gizi Anak di Depok

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:45 WIB

PKK Kelurahan Cimpaeun Dorong Posyandu Lebih Kreatif

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:25 WIB

16 Pesantren di Depok Punya Produk Sendiri

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:10 WIB

Polisi Buru Penganiaya Anak Kandung di Depok

Selasa, 7 Februari 2023 | 08:30 WIB

Akulturasi Cina Sumbang Keragaman Budaya Indonesia

Senin, 6 Februari 2023 | 22:21 WIB

RW14 Bojongsari Depok Galakan PHBS

Senin, 6 Februari 2023 | 19:14 WIB

Kelurahan Mampang Depok Siap Songsong Pemilu 2024

Senin, 6 Februari 2023 | 11:00 WIB
X