Sabtu, 10 Juni 2023

DPRD Solusikan 3R tuk TPS Pasar Kemirimuka Depok

- Selasa, 27 Desember 2022 | 19:09 WIB
SAMBANGI : Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Farida Rachmayanti ketika meninjau lokasi TPS Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji Kota Depok, Selasa (27/12). ALDY RAMA/RADAR DEPOK
SAMBANGI : Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Farida Rachmayanti ketika meninjau lokasi TPS Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji Kota Depok, Selasa (27/12). ALDY RAMA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Menanggapi keluhan warga perihal sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji Kota Depok.

Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Farida Rachmayanti menyambangi TPS tersebut untuk melihat permasalahan di lokasi, Selasa (27/12).

“Saya ucapkan terimakasih kepadaPemkot Depok yang responsif terhadap curhatan warga terkait tumpukan sampah, untuk itu saya hadir untuk menjalankan fungsi pengawasan,” ucap Aleg Dapil Beji, Cinere, Limo tersebut kepada Radar Depok, Selasa (27/11).

Farida mengatakan, sampah memang menjadi tugas besar pembangunan diberbagai kota, termasuk Kota Depok sebagai kota penyangga.

“Karenanya pemerintah harus terus berupaya mencari solusi terbaik dengan mengajak semua pihak terutama masyarakat dan swasta,” kata dia.

Kondisi tumpukan sampah di PasarKemirimuka, sambung dia, disebabkan karena perlu ritme pengaturan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Saat ini sedang musim penghujan, khawatir tumpukan di sana (TPA Cipayung) menjadi tidak kondusif. Selain juga,TPSPasarKemirimuka juga menjadi pilihan warga sekitar untuk membuang sampahnya,” jelas dia.

Farida menerangkan, solusi praktis perlu dilakukan seperti pengangkutan secara rutin dengan menimbang visibilitas daya tampumg di TPA Cipayung, agar tidak menumpuk. Solusi jangka menengah, mencari alternatif solusi TPS bagi lingkungan sekitar dengan pendekatan Reduce, Recycle dan Reuse (3R).

“Untuk solusi jangka panjang, salah satunya dengan mengokohkan sistem bank sampah agar lebih terstruktur, melalui skala kelurahan dengan pola pemberdayaan,” ucap dia.

Farida mengungkapkan, memang dibutuhkan ketelatenan pemerintah untuk mendampingi warga untuk terbiasa dalam memilah sampah.

“Semoga bisa terlaksana sistem pengelolaan sampah yang semakin berkualitas di Kota Depok, agar pembangunan yang berkelanjutan dapat berjalan baik. Lingkungan bersih, sehat dan nyaman menjadi ciri kota yang maju dan berbudaya, sebagaimana dalam visi pembangunan Kota Depok,” tutup dia. (ama/rd)

Jurnalis : Aldy Rama 

Editor : Fahmi Akbar 

 

Editor: Fahmi Akbar

Tags

Terkini

Jumat Curhat Diharapkan Bisa Cegah KDRT

Sabtu, 10 Juni 2023 | 14:20 WIB

Penerima Bantuan RTLH di Depok Wajib Ikut RAB

Sabtu, 10 Juni 2023 | 13:00 WIB

DKP3 Depok Gelar Pasar Tani, Ini yang Dilakukan

Sabtu, 10 Juni 2023 | 12:00 WIB

Tujuh RTLH di Bojongsari Baru Segera Dipugar

Sabtu, 10 Juni 2023 | 08:20 WIB

1.545 Balita Mampang Dapat Diimunisasi Polio

Sabtu, 10 Juni 2023 | 08:05 WIB
X