Kamis, 9 Februari 2023

Jangan Remehkan Profesi Guru TK, Ini Dia Sejumlah Kelebihannya!

- Senin, 18 Juli 2022 | 12:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM - Guru di Indonesia merupakan suatu pekerjaan yang banyak digandrungi dan tidak pernah habis peminatnya. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenjang untuk profesi guru berdasarkan pada tingkat pendidikannya. Mulai dari Guru PAUD, Guru TK, Guru SD, Guru SMP, Guru SMA atau SMK.

Khusus pada artikel kali ini akan dibahas mengenai profesi Guru pada jenjang pendidikan TK. Profesi Guru TK memiliki keunikannya tersendiri, karena murid yang diajar adalah pada anak-anak yang masih sangat pemula dalam mengenal pembelajaran di kelas. Di samping itu, karena jenjang Guru TK terbilang rendah jika dibandingkan dengan Guru SD, SMP, atau SMA, maka tidak jarang pula profesi ini banyak yang meremehkan.

Padahal jika diperhatikan dengan seksama, profesi Guru TK memiliki beberapa kelebihannya tersendiri. Sebelum membahas kelebihan profesi guru TK, jika Anda memiliki pasion mengajar dan menyukai anak-anak maka bisa melamar menjadi guru TK di suatu lembaga. Silakan cek detail lebih lengkap pada link tersebut untuk tahu bagaimana cara membuat CV yang benar untuk guru TK.

Lebih lanjut, mari simak kelebihan profesi seorang Guru TK di bawah ini!

  1.     Memahami Perkembangan Anak-Anak


Untuk Anda yang senang dengan anak-anak dan ingin memahami pertumbuhan dan perkembangan mereka secara kontinyu, maka profesi Guru TK akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa memahami perkembangan mereka secara lebih baik.

Ketika Anda bekerja sebagai Guru TK, maka sehari-hari Anda berinteraksi dengan para murid dengan karakter dan keunikannya masing-masing. Ketika Anda mengajari suatu hal baru, seperti berhitung sambil bernyanyi, Anda akan menemukan anak-anak yang cerdas dan berkembang setiap harinya.

Hal tersebut menjadi pengalaman yang sangat berharga untuk setiap Guru TK. Sebab, perkembangan tiap anak juga pasti berbeda-beda antara satu anak dengan anak yang lainnya. Pada poin ini, Anda dapat belajar untuk lebih sabar, memahami situasi dan kondisi, dan melatih skill pedagogik Anda terhadap pembelajaran anak di tingkat dasar.

  1.     Cara Mengajar yang Menyenangkan


Kelebihan berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari profesi sebagai Guru TK adalah kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan adalah lebih menyenangkan. Sebab, telah menjadi kondisi alamiah ketika berhadapan dengan anak-anak maka seorang guru harus lebih ceria ketimbang dengan murid yang sudah besar seperti di SMP atau SMA.

Metode belajar di TK lebih banyak diisi oleh aktivitas yang meningkatkan semangat belajar anak. Bisa dengan bernyanyi, bermain angka, atau bercerita. Oleh karena itu, Anda kemungkinan tidak akan merasa bosan dengan kegiatan sehari-hari yang dijalani.

  1.     Jam Kerja yang Singkat


Kelebihan berikutnya dari profesi Guru TK adalah jam kerjanya yang relatif singkat jika dibandingkan dengan Guru di jenjang pendidikan lain. Begitu pula jika Anda bandingkan dengan bidang pekerjaan lainnya, profesi Guru TK memiliki jumlah jam kerja yang lebih sedikit. Seorang Guru TK juga jarang sekali dan hampir tidak pernah melakukan lembur sampai malam.

Jika melihat pada Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 sendiri, seorang Guru umumnya memiliki 24 tatap muka per minggu. Berarti bahwa per harinya, seorang Guru bisa menghabiskan waktu hanya sekitar 5 jam untuk mengajar. Sementara untuk Guru TK sendiri, secara khusus biasanya menghabiskan waktu 4 jam mengajar per harinya dengan bergantung pada berapa banyak sesi kelas yang diambil.

  1.     Kesempatan untuk Mengasah Kreativitas Berpikir


Kelebihan berikutnya dari menjadi Guru TK adalah dari segi kreativitas yang semakin terasah. Salah satu contohnya adalah kreativitas dalam mengembankan metode belajar yang interaktif kepada para siswa. Agar membuat kelas menjadi hidup dan siswa bersemangat untuk belajar, maka seorang Guru TK harus mampu berpikir secara kreatif untuk menemukan ide-ide pembelajaran.

Jika Anda terbiasa berpikir kreatif, maka proses pembelajaran di kelas sehari-hari tidak akan memberatkan lagi. Justru, Anda akan menikmati proses mengajar dengan sepenuh hati.

  1.     Kesempatan Berkarir yang Luas


Meskipun kerap banyak orang yang memandang profesi Guru TK sebelah mata, namun ternyata bidang pekerjaan yang satu ini memiliki jaringan karir yang luas. Baik itu di kota-kota besar maupun di daerah yang tidak terlalu padat penduduk, kita pasti akan selalu menemui Sekolah TK atau pun lembaga lainnya yang sejenis.

Hal ini dikarenakan memang pendidikan anak dasar sangat diperlukan dan tidak akan pernah berhenti dibutuhkan oleh anak-anak. Mengingat realita bahwa tidak semua orang tua mampu memberikan pendidikan dasar kepada anak-anaknya di rumah, maka sekolah TK adalah pilihan yang banyak dituju.

Di samping itu, memang ketika anak dibiasakan dengan lingkungan sekolah sedari kecil, maka akan lebih mudah untuk anak beradaptasi dengan lingkungan pendidikan SD yang wajib untuk diikutinya kelak. Dalam hal ini, peran Guru TK sangat dibutuhkan dan perlu mendapat apresiasi.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dari profesi Guru TK yang belum banyak disadari oleh orang-orang secara umum. Tentunya, setiap profesi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Demikian, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda!! (rd)

 

Editor : Pebri Mulya

 

https://www.youtube.com/watch?v=Vtl0taeaAMw

Editor: Administrator

Tags

Terkini

TP PKK Serua Jauara Lomba Vlog Tingkat Kota

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:30 WIB

Serunya Virtual Natu – Run Universitas Indonesia

Selasa, 7 Februari 2023 | 20:31 WIB

Akulturasi Cina Sumbang Keragaman Budaya Indonesia

Senin, 6 Februari 2023 | 22:21 WIB

Waspadai KLB Campak Karena Tidak Imunisasi

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:00 WIB

Manasik Haji Tingkatkan Edukasi Agama Anak Sejak Dini

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:00 WIB

Pokja Kelurahan Sehat Cisalak Dikukuhkan

Selasa, 31 Januari 2023 | 23:07 WIB
X