Senin, 6 Februari 2023

Appreciation Day Program Kedaireka UI dan Kemenparekraf

- Rabu, 11 Januari 2023 | 22:04 WIB
  CLOSING CEREMONY: Pemberian sertifikat penghargaan program Matching Fund Kedaireka UI-Kemenparekraf di Makara Art&Center, Rabu (11/01).Herdyan Anugrah/Radar Depok
CLOSING CEREMONY: Pemberian sertifikat penghargaan program Matching Fund Kedaireka UI-Kemenparekraf di Makara Art&Center, Rabu (11/01).Herdyan Anugrah/Radar Depok

RADARDEPOK.COM - Universitas Indonesia (UI) menggelar Closing Ceremony Appreciation Day, program Matching Fund Kedaireka UI-Kementrian Pariwisata, Rekreasi, dan Kreatif. (Kemenparekraf) 2022 di Gedung Makara Art&Center, Rabu (11/01).

 

Pada acara Appreciation Day ini, terdapat beberapa penghargaan yang diberikan kepada pihak yang berkolaborasi dalam program Kedaireka UI-Kemenparekraf 2022 ini, Pihaknya yaitu Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud), Kemenparekraf, dan UI.

 

Ketua program Kedaireka UI-Kemenparekraf 2022, Fatma Lestari mengatakan dalam sambutannya, pandemi Covid 19 penurunan kunjungan wisata menurun secara drastis. Namun Tahun 2021 sektor pariwisata bangkit, dengan diluncurkannya program Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADEWI) kemenparekraf yang menjadi pemicu kebangkitan desa.

 

"Desa Wisata diharapkan menjadi penggerak roda ekonomi, dan mendorong program nasional Indonesia bangkit. Selain itu dikarenakan Indonesia daerah rawan bencana, implementasi mitigasi bencana juga menjadi penting, dan ini sejalan dengan Kemenparekraf 2020-2024," ungkap dia

 

Acara tersebut dihadiri Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi,(Dirjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nizam, Kementrian Pariwisata, Rekreasi, dan Kreatif. Sandiaga Salahuddin Uno, Rektor UI, Ari Kuncoro, Wakil Rektor UI bidang Riset,dan Inovasi Kiki Nurtami, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Mondastri Korib Sudaryo.

 

Dalam acara Appreciation Day tersebut, pihaknya memberikan sertifikat penghargaan kepada inisiator program Matching Fund 2022,  yaitu Dirjen Kemendikbud, Nizam, dan mitra  pendukung yaitu Kemenparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Pihak UI seperti, alumni, dan fasilitator yang sudah membantu program tersebut.

 

PLT Dirjen Kemendikbud, Nizam mengapresiasi program Matching Fund Kedaireka  yang sudah digarap dengan baik oleh  akademisi UI yang didukung praktisi dari Kemerenkraf. Dengan adanya program tersebut, dia mengatakan bersama-sama membangun desa wisata yang bisa mengangkat budaya dan kearifan lokal.

 

Sandiaga Uno dalam pernyataanya mengatakan, bahwa dalam dua tahun terakhir ini sudah mencapai top fivety Anugrah Desa Wisata. Dengan adanya program ini, pihaknya akan terus bekerjasama dengan UI agar program ini bisa dilanjutkan, dan ditingkatkan pada tahun 2023.

 

"Kami sangat berapresiasi, kerjasama ini adalah kolaborasi yang sangat berguna dan program ini langsung bisa dirasakan manfaatnya, di desa-desa wisata, dan kesiap siagaan kita menghadapi bencana," ucap Sandiaga Uno.

 

Tujuan akhir dalam program ini nantinya menghasilkan sebuah rekacipta Sistem Informasi Desa Wisata (SIDEWITA),  yakni emergency panic button, dashboard pemetaan risiko  Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE),  dan bencana; monitoring dan  evaluasi implementasi CHSE dan mitigasi bencana, serta Latihan kesiapsiagaan bencana virtual tabletop exercise.

 

Sebagai Informasi, Program Kedaireka Matching Fund Universitas Indonesia-Kemenparekraf RI dalam mewujudkan Desa Wisata (DeWi) berkelas dunia (World Class DeWi) melalui implementasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) serta mitigasi bencana.   Universitas Indonesia melalui Disaster Risk Reduction Center (DRRC), dosen; mahasiswa; dan alumni dari Departemen K3 FKM serta Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL) Universitas Indonesia kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10-13 Oktober 2022.(mg9/rd)

Jurnalis : Herdyan Anugrah 

Editor : Indra Siregar 

Editor: Ricky Juliansyah

Tags

Terkini

Waspadai KLB Campak Karena Tidak Imunisasi

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:00 WIB

Manasik Haji Tingkatkan Edukasi Agama Anak Sejak Dini

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:00 WIB

Pokja Kelurahan Sehat Cisalak Dikukuhkan

Selasa, 31 Januari 2023 | 23:07 WIB

Smart Parenting di Milad Ke-30 MIT Nurul Iman

Selasa, 31 Januari 2023 | 22:26 WIB

Sambut HUT ke-39 Lewat Jalan Sehat

Senin, 30 Januari 2023 | 21:53 WIB

Market Day SMPIT Al-Hikmah Meriah

Senin, 30 Januari 2023 | 18:46 WIB

PresGo Camp Asah Kemampuan Siswa SD

Jumat, 27 Januari 2023 | 21:02 WIB

Olahraga Renang Sumbang Banyak Prestasi

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:27 WIB
X