Kamis, 9 Februari 2023

8 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

- Rabu, 29 Juni 2022 | 11:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM - Tiket pesawat yang mahal terkadang menjadi deal breaker untuk orang-orang tertentu yang memiliki anggaran terbatas. Oleh karena itu, harga tiket pesawat kerap jadi bahan pertimbangan sebelum berlibur seorang diri atau bersama keluarga dan teman

Bahkan, harga tiket pesawat bisa jadi tidak sebanding dengan total biaya yang dihabiskan untuk pergi ke suatu tempat.

Karena alasan itulah, kecermatan membeli tiket pesawat agar harganya murah diperlukan supaya biaya yang dikeluarkan worth it.

Meski saat ini harga masih melambung, kita masih berpeluang mendapatkan tiket pesawat yang murah dengan cara-cara berikut ini.

1. Pesan jauh-jauh hari

Liburan akan bebas worry jika kita merencanakannya jauh-jauh hari. Hal yang sama juga berlaku saat membeli tiket pesawat. Alasannya adalah harga kemungkinan lebih mahal jika kita memesan tiket mepet dengan tanggal keberangkatan.

BACA JUGA : Menko Airlangga Ungkapkan Beragam Skenario Presidensi G20 Indonesia Mendukung Pemulihan Ekonomi Global

"Merencanakan sekitar 3-6 bulan sebelumnya merupakan pilihan yang aman. Itu akan memungkinkan wisatawan untuk mendapatkan penawaran terbaik dan merencanakan ke depan," kata general manager situs pemesanan tiket online Klook, Sarah Wan.

2. Hindari musim liburan

Bukan rahasia umum jika harga komoditas apa pun akan melonjak jelang musim liburan, seperti Lebaran, libur sekolah, Natal, Tahun Baru, termasuk hari kejepit. Jadi, hindari momen tersebut ketika membeli tiket pesawat karena hampir bisa dipastikan harganya akan tinggi.

Kita disarankan untuk membeli tiket pesawat di luar musim liburan alias off season jika mengincar harga yang murah. Bahkan, ada juga anggapan yang meyakini terbang di weedays lebih murah ketimbang akhir pekan.

Menurut laporan Channel News Asia, memesan tiket pesawat pada momen yang tepat dapat menghemat hampir 25 persen. Terbang pada hari Selasa dan Kamis adalah pilihan yang murah, sedangkan akhir pekan antara Jumat dan Sabtu bisa sangat mahal.

3. Pilih penerbangan tidak langsung

Rute transit biasanya akan lebih murah ketimbang membeli tiket penerbangan langsung. Cara tersebut dapat dilakukan jika kita punya banyak waktu luang.

Biasanya maskapai menetapkan kota-kota besar di dunia sebagai lokasi transit untuk rute internasional.

4. Bandingkan harga

Jangan terburu-buru mengeklik tombol "pesan" sebelum membandingkan harga tiket setiap maskapai untuk tanggal keberangkatan dan rute yang sama.

Sebab, setiap maskapai mematok harga yang bersaing--bahkan promo--yang bisa kita manfaatkan.

Cara termudah membandingkan harga tiket pesawat adalah menggunakan Google. Kita cukup mengetik lokasi tujuan dan tanggal berangkat, kemudian klik "penerbangan" di bawah kolom pencarian, Google akan membantu mencarikan harga tiket yang sesuai keinginan.

5. Pakai transportasi lain

Pertimbangkan untuk menggunakan transportasi lain supaya budget liburan tidak terkuras. Misalnya, memesan pesawat ke bandara terdekat dari destinasi untuk selanjutnya meneruskan rute menggunakan transportasi lain.

6. Memanfaatkan diskon dan promosi

Pemesanan tiket pesawat secara online memudahkan kita mendapat promo atau diskon. Bisa saja maskapai menawarkan tanggal keberangkatan yang sesuai keinginan atau paket penerbangan lain yang dapat memangkas harga tiket.

Di sisi lain, beberapa situs pemesanan tiket menyediakan fasilitas berlangganan yang memberikan banyak keuntungan bagi member-nya.

7. Promo tiket khusus pelajar dan usia

Maskapai pelat merah maupun swasta nasional ada yang menawarkan promo bagi pelajar, anak-anak berusia di bawah 12 tahun ataupun lansia di atas 65 tahun untuk mendapatkan potongan harga tiket pesawat.

Promo tersebut tentunya perlu dimanfaatkan apabila hendak bepergian ke destinasi lokal maupun luar negeri dengan harga murah.

8. Pakai kartu kredit

Kartu kredit adalah alternatif lain untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah. Jika bank berafiliasi dengan maskapai, kita dapat mengumpulkan poin saat bepergian.

Setelah terkumpul banyak, poin dapat memberikan potongan bagi harga tiket pesawat atau promo lainnya. Selain itu, situs pemesanan tiket ada yang menyediakan beberapa pilihan kredit dan sistem pembayaran yang membantu memesan tiket murah. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

 

https://www.youtube.com/watch?v=34LeMbXjm1g

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X