Jumat, 22 September 2023

Warga Jabar, Ini Tips Renovasi Rumah Sederhana yang Hemat Biaya

- Rabu, 31 Mei 2023 | 16:26 WIB
Tips renovasi rumah agar biaya tidak bengkak dan proses renovasi berjalan cepat
Tips renovasi rumah agar biaya tidak bengkak dan proses renovasi berjalan cepat

RADARDEPOK.COM-Banyak orang malas untuk merenovasi rumah karena biayanya yang besar dan prosesnya cukup ribet. Padahal, tidak semua renovasi rumah membutuhkan biaya yang besar. Supaya tidak ada pembengkakan biaya dan proses renovasi berjalan cepat, ada sejumlah tips renovasi rumah sederhana yang bisa Anda terapkan.

Inilah Tips Renovasi Rumah Sederhana yang Hemat Biaya
Untuk Anda yang berencana untuk merenovasi rumah, inilah beberapa tips yang harus diketahui:

1. Terlebih Dahulu Periksa Kondisi Bangunan Rumah
Langkah pertama adalah memeriksa kondisi bangunan rumah. Tips ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui area atau ruangan mana saja yang perlu untuk direnovasi.

Baca Juga: Luas Kamar Sempit: Desain Seperti Inilah Auto Kece, Nyaman dan Minimalis

Jika ada bagian yang belum terlalu urgent untuk direnovasi sebaiknya tidak perlu direnovasi dulu. Contohnya seperti cat dinding mengelupas dan sebagainya.

Kondisi rumah dengan kerusakan yang cukup parah harus segera direnovasi agar tidak berakibat fatal. Kerusakan-kerusakan tersebut seperti dinding yang retak, rangka atap keropos atau saluran air bocor.

2. Menetapkan Area Prioritas untuk Direnovasi
Dari sekian banyak area yang rusak, Anda harus menetapkan area prioritas yang akan direnovasi terlebih dahulu. Hal ini penting untuk dilakukan agar biaya renovasi yang dikeluarkan tidak membengkak.

Jika memang biaya yang dimiliki tidak banyak, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk merenovasi semua kerusakan secara bersamaan. Anda bisa melakukan renovasi lagi di lain waktu sambil mengumpulkan uang.

Baca Juga: Desain Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman dan Menarik untuk Keluarga

3. Tentukan Desain Renovasi Rumah
Desain juga harus dipersiapkan sebelum mulai melakukan renovasi. Desain harus dibuat lebih dulu untuk mencegah terjadinya pembengkakan biaya. Jika desain renovasinya sudah pasti, Anda tidak akan merasa bimbang sehingga merubah desain lagi yang berakibat terjadinya perubahan konstruksi.

Selain itu, menentukan desain dawal juga akan mempermudah Anda dalam mengalokasikan dana yang akan dikeluarkan. Jadi biaya untuk renovasi rumah tidak akan boros.

4. Lakukan Riset Harga Material Bangunan dan Jasa Tukang
Tips renovasi rumah sederhana hemat biaya selanjutnya yaitu melakukan rise harga material bangunan dan jasa tukang. Tips ini sangat penting untuk dilakukan terlebih jika dana yang dimiliki terbatas sehingga bisa mempertimbangan material dan jasa tukang yang digunakan.

Melakukan riset harga material sangat berguna karena Anda bisa mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas tetapi harganya sangat terjangkau. Selain itu, riset harga jasa tukang dan cari jasa tukang terpercaya serta memiliki reputasi baik.

Baca Juga: Wisata Gratis: Rekomendasi Pilihan Situ di Kota Depok, Cocok Banget refreshing Bareng Keluarga Kesini!

5. Siapkan Anggaran yang Dibutuhkan
Setelah melakukan riset, Anda akan memiliki gambaran perihal anggaran yang dibutuhkan. Selanjutnya Anda perlu mencatat rencana anggaran yang disesuaikan dengan uang yang dimiliki. Jika dana yang dimiliki tidak cukup, Anda bisa mengoreksi kembali material yang dipilih.

Halaman:

Editor: Iqbal Muhammad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X