Sabtu, 30 September 2023

Sidak ke Pasar, Sekda Depok Cek Harga dan Uji Lab : Ini Hasilnya

- Kamis, 1 Desember 2022 | 00:20 WIB
SIDAK : Sekda Kota Depok, Supian Suri ketika melakukan sidak ke Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Rabu (30/11). GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK
SIDAK : Sekda Kota Depok, Supian Suri ketika melakukan sidak ke Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Rabu (30/11). GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK - Menyusul adanya ketidakstabilan harga bahan pokok belakangan ini. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Satgas Ketahanan Pangan dan BPOM Bogor melakukan Inspeksi Dadakan (Sidak) ke Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Rabu (30/11).


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, hasil sidak yang dilakukan pihaknya menemukan ketersediaan dan harga sembako yang terbilang masih cukup stabil.


"Pagi ini kami bersama Forkopimda Depok, Alhamdulillah, secara umum ketersediaan dan harga sembako cukup stabil tidak ada gejolak harga," ungkapnya kepada Radar Depok, Rabu (30/11).


Menurut Supian Suri, ada sejumlah bahan pokok yang mengalami kenaikan harga seperti cabai rawit, ikan asin dam ayam potong. Namun, kenaikan itu masih dalam taraf normal.


"Secara umum masih dalam kondisi stabil," ujarnya.


Kabag PSDA pada Pemkot Depok, Adnan menuturkan, kunjungan ke Pasar Sukatani untuk memonitor ketersediaan dan harga sembako terkait adanya inflasi harga sembako di Kota Depok.


"Kegiatan pagi ini untuk monitoring ketersediaan dan harga sembako, saat ini sudah mulai deflasi, alhamdulillah secara umum masih stabil," jelasnya.


Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrasian (Disdagin) Kota Depok, Zamrowi Hasan menjelaskan, sidak itu merupakan kegiatan gabungan antara TPID Kota Depok, Satgas ketahanan pangan dan BPOM wilayah Bogor.


"Ini kegiatan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Satgas Ketahanan Pangan dan BPOM Bogor, kami dari Disdagin yang punya Pasar Sukatani hanya tuan rumah," tuturnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziwati menjelaskan, pihaknya bersama dengan BPOM wilayah Bogor juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah sembako seperti tahu, tempe dan daging ayam yang memungkinkan terdapat zat pengawet dan pewarna. Contohnya, formalin, borax, rodamin dan sejenisnya.


"Bila terbukti positif menggunakan borax, formalin atau rodamin dan sejenisnya maka pedagangnya akan dilakukan pembinaan," tegasnya. (rd/ger)


Jurnalis : Gerard Soeharly


Editor : Junior Williandro

Editor: Febrina

Tags

Terkini

Jaga Kamtibmas, Polsek Sukmajaya Gencarkan Patroli

Sabtu, 30 September 2023 | 14:10 WIB

Warga Sawangan Bakal Diberi Ilmu dari Program WUB

Sabtu, 30 September 2023 | 07:45 WIB
X