Kamis, 9 Februari 2023

Melihat Kegiatan Kelurahan Cipayung Kota Depok : Mengolah Produk Lokal, Kesejahteraan Warga Meningkat

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 22:46 WIB
PELATIHAN : Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok menggelar pelatihan Olahan Produk Lokal dengan Cita Rasa Lokal di Rumah Poetih, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
PELATIHAN : Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok menggelar pelatihan Olahan Produk Lokal dengan Cita Rasa Lokal di Rumah Poetih, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM-Untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok menggelar pelatihan Olahan Produk Lokal dengan Cita Rasa Lokal di Rumah Poetih, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Laporan : Andika Eka Maulana

Dengan semangat pagi, para para peserta dan pengisi materi sangat bersemangat dalam pelatihan Olahan Produk Lokal dengan Cita Rasa Lokal.

Pangan lokal di Indonesia sangat beragam, antara lain ketela pohon, garut, sukun, jagung, sagu, ubi jalar dan sebagainya. Makanan yang berasal dari bahan-bahan tersebut saat ini masih dianggap sebagai makanan kelas bawah yang pamornya masih kurang bersinar dibandingkan dengan makanan yang berbahan dasar terigu.

Dalam sambutannya, Camat Cipayung, Hasan Nurdin mengapresiasi kegiatan yang diadakan Kasi Ekbang Kelurahan Cipayung yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Dalam Pelatihan ini, Hasan Nurdin menuturkan, pelatihan produk olahan lokal seperti singkong, ubi, pisang talas dan lainnya.

"Singkong dibuat combro atau misro, bentuknya bulat atau lonjong dan gepeng biasa kita kenal. Cobalah berkreasi, misalkan, combro atau kue-kue lain dikreasi dalam hati atau love agar menarik bagi calon pembeli. Kreasi dan inovasi dibutuhkan," tutur Hasan.

Dia berharap, setiap kelurahan mempunyai produk unggulan yang nantinya secara periodik di adakan pameran kuliner unggulan dari lima kelurahan di kantor Kecamatan Cipayung.

Ditempat yang sama, Lurah Cipayung, Muhammad mengatakan, sebentar lagi Cipayung akan memiliki stadion mini dan nantinya akan disediakan kios-kios UMKM.

"Kami berharap fasilitas kios-kios di stadion mini itu nantinya dimanfaatkan para pelaku UMKM lokal, tentunya mereka yang sudah mengikuti pelatihan ini dan terdaftar di program wira usaha baru," kata Muhammad.

Untuk itu bagi peserta pelatihan Produk Olahan Lokal, Muhammad meminta, agar fokus dan serius mengikuti pelatihan hingga selesai sesuai yang telah diprogramkan.

"Kita tingkatkan produk olahan lokal dengan cita rasa lokal yang berujung pada peningkatan kesejahteraan keluarga di wilayah Kelurahan Cipayung," tandas Muhammad.

Kasie Ekbang Kelurahan Cipayung, Rustinah menjelaskan kegiatan pelatihan Olahan Produk Lokal selsma dua hari dan diikuti sebanyak 20 peserta Pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) kuliner, perwakilan dari setiap lingkungan Rukun Warga (RW) di wilayah Kelurahan Cipayung.

"Pelatihan Olahan Produk Lokal ini baru kali pertama diadakan Seksi Ekbang Kelurahan Cipayung dengan peserta para pelaku UMKM Kelurahan Cipayung," ucapnya.

Menurut dia, pelatihnya pelaku UMKM lokal Kelurahan Cipayung dengan materi pelatihan resep menu Kaki Naga dan Ekado Telur Puyuh serta minuman Lemon Sereh dan Teh Rosela.

"Pelatihan kuliner ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga," pungkas Rustinah. (*)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu

Editor: Febrina

Tags

Terkini

TP PKK Kelurahan Kukusan Perangi Stunting

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:46 WIB

Ini Upaya Kader Kukusan Depok Cegah Stunting

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:22 WIB

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:25 WIB

Dinkes Bersama PERSAGI Periksa Gizi Anak di Depok

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:45 WIB

PKK Kelurahan Cimpaeun Dorong Posyandu Lebih Kreatif

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:25 WIB

RW14 Bojongsari Depok Galakan PHBS

Senin, 6 Februari 2023 | 19:14 WIB

Kelurahan Mampang Depok Siap Songsong Pemilu 2024

Senin, 6 Februari 2023 | 11:00 WIB
X