Kamis, 9 Februari 2023

Simak Kelurahan Cipayung Kota Depok Antisipasi Bencana : Pentingnya Informasi hingga Pengaruhi Penanganan

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 21:14 WIB
SOSIALISASI : Seusai pembukaan, Sekcam Cipayung, Ahmad Soma dan Lurah Cipayung, Muhammad foto bersama nara sumber dan peserta kegiatan sosialisasi Tanggap Bencana Kelurahan Cipayung di aula kelurahan setempat. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
SOSIALISASI : Seusai pembukaan, Sekcam Cipayung, Ahmad Soma dan Lurah Cipayung, Muhammad foto bersama nara sumber dan peserta kegiatan sosialisasi Tanggap Bencana Kelurahan Cipayung di aula kelurahan setempat. ANDIKA EKA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM-Dalam mengedukasi masyarakat dari ancaman bahaya bencana, Kelurahan Cipayung menggelar kegiatan sosialisasi Tanggap Bencana di aula Kantor kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.

Laporan : Andika Eka Maulana

Relawan yang cakap, efektif dan efisien sangat ditentukan oleh informasi, pengalaman dan pelatihan yang diterimanya sehingga mereka memiliki pengetahuan dasar yang cukup sebelum terjun ke daerah bencana.

Koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi.

Kegagapan dalam penanganan dan ketidakjelasan informasi dalam kondisi darurat bencana dapat menghambat dalam penanganan kondisi darurat bencana. Situasi dan kondisi seperti ini disebabkan oleh belum terciptanya mekanisme kerja Tanggap Darurat yang baik.

Pada kegiatan pemberdayaan masyarakat resmi dibuka oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cipayung, Ahmad Soma dan Lurah Cipayung, Muhammad.

Sekcam Cipayung, Ahmad Soma mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi tersebut."Kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat agar bisa mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah atau bencana," tutur Soma.

Lurah Cipayung, Muhammad mengajak pengurus RT dan RW secara serius dan fokus mengikuti kegiatan sosialisasi Tanggap Bencana agar mengetahui, mengerti, paham apa yang disampai para nara sumber didalam kegiatan sosialisasi ini.

Kegiatan ini, sepenuhnya didanai APBD Kota Depok yang didelegasikan melalui Kelurahan Cipayung.

"Saya berharap hasil dari kegiatan para peserta nanti langsung mensosialisasi ke warga di lingkungan agar bisa mengantisipasi apabila menghadapi suatu bencana," kata Muhammad.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Kasie Ekbang) Kelurahan Cipayung, Rustinah menjelaskan, Sosialisasi Tanggap Bencana sehari yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat diikuti sebanyak 40 peserta terdiri dari pengurus RT dan RW.

"Selain sosialisasi dan edukasi tentang tanggap bencana sekaligus menginformasikan kepada warga keberadaan kantor UPT Damkar dan Penyelamatan, sehingga warga bisa melapor ke UPT Damkar Cipayung jika ada bencana atau musibah, misalnya, ada sarang tawon atau ular dan bencana lain," pungkas Rustinah. (*)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu

Editor: Febrina

Tags

Terkini

TP PKK Kelurahan Kukusan Perangi Stunting

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:46 WIB

Ini Upaya Kader Kukusan Depok Cegah Stunting

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:22 WIB

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:25 WIB

Dinkes Bersama PERSAGI Periksa Gizi Anak di Depok

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:45 WIB

PKK Kelurahan Cimpaeun Dorong Posyandu Lebih Kreatif

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:25 WIB

RW14 Bojongsari Depok Galakan PHBS

Senin, 6 Februari 2023 | 19:14 WIB

Kelurahan Mampang Depok Siap Songsong Pemilu 2024

Senin, 6 Februari 2023 | 11:00 WIB
X