Selasa, 31 Januari 2023

Berikut yang Dilakukan Cipayung Jaya Depok Cegah KDRT

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 22:18 WIB
 PENDATAAN : Didampingi anggota Babinkamtibmas dan Babinsa serta Kasie Kemaspel Kelurahan Cipayungjaya, Ika Mudrika, Kepala KUA Kecamatan Cipayung, Denny menjadi nara sumber pada kegiatan pendataan keluarga/lingkungan rawan  KDRT yang diadakan Kelurahan Cipayung Jaya di aula kantor kelurahan, Senin (24/10). ANDIKA EKA/RADAR DEPOK
PENDATAAN : Didampingi anggota Babinkamtibmas dan Babinsa serta Kasie Kemaspel Kelurahan Cipayungjaya, Ika Mudrika, Kepala KUA Kecamatan Cipayung, Denny menjadi nara sumber pada kegiatan pendataan keluarga/lingkungan rawan KDRT yang diadakan Kelurahan Cipayung Jaya di aula kantor kelurahan, Senin (24/10). ANDIKA EKA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM-Kelurahan Cipayung Jaya, Depok, melaksanakan kegiatan pendataan keluarga dan lingkungan rawan kekerasan dalam rumah tangga, guna mendapatkan data yang akurat dari partisipasi masyarakat.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cipayung, Denny mengungkapkan, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak hanya korbannya perempuan, akan tetapi ada pula korbannya kaum lelaki.

Hal itu diungkapkan Denny saat menjadi narasumber pada kegiatan pendataan keluarga dan lingkungan rawan KDRT yang diadakan Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung di aula kantor Kelurahan Cipayung Jaya, Senin (24/10) kemarin.

"Biasanya kita tahu kasus KDRT korban umumnya perempuan, padahal sesungguhnya ada pula korbannya kaum lelaki, sampai sering kita dengar ada suami takut istri," ungkap Denny.

Denny mengingatkan, pelaku KDRT terancam hukuman kurungan badan selama 5 tahun keatas. "Hal ini harus menjadi perhatian bagi pelaku KDRT," imbuhnya.

Denny juga mengingatkan, pelaku KDRT terancam hukuman cukup berat dengan kurungan badan selama 5 tahun keatas.

Lurah Cipayung Jaya, Zayadi menjelaskan, guna memperoleh data yang akurat mengenai kasus KDRT di wilayahnya maka diadakan pendataan keluarga atau lingkungan rawan kekerasan dalam keluarga.

"Dengan partisipasi masyarakat  untuk memberikan data yang akurat maka program pemerintah akan lebih sesuai kepada masyarakat demi terwujudnya Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera," kata Zayadi.

Menurut Zayadi, kendala dan hambatan terkait PKDRT diantaranya kurangnya koordinasi antara stakeholder dan Satgas PKDRT.

Selain itu, masih banyak RW yang belum memahami alur pelaporan kasus  KDRT dan TPPO. Bahkan, ada paradigma di kalangan ketua lingkungan, lanjutnya, apabila terdapat kasus KDRT dan TPPO di wilayahnya maka akan tercemar nama baik lingkungannya.

"Sehingga mereka tidak melaporkan bila terjadi KDRT terhadap warganya, apalagi banyak warga yang merasa malu untuk melaporkan tindak KDRT karena merasa hal itu aib rumah tangga dan tidak layak disebarluaskan," tuturnya.

Kasi Kemas Kelurahan Cipayung Jaya, Ika Mudrika menjelaskan, kegiatan ini selain memberikan sosialisasi dan edukasi sekaligus ingin memperoleh data terkait kasus KDRT yang terjadi di lingkungan masing-masing.

"Kami berharap melalui kegiatan ini akan diperoleh data yang akurat dari para peserta, untuk itu kami berharap partisipasi masyarakat untuk memberikan data yang akurat mengenai kasus KDRT yang mungkin ada di lingkungannya," kata Ika.

Ika menuturkan, kegiatan ini berlangsung selama sebelas hari yang dimulai 19 Oktober hingga 3 November dengan peserta 100 oran pengurus RT dan RW, LPM, kader PKK, Satgas PKDRT dan stakeholder.

"Kegiatan ini bertujuan agar di wilayah Cipayung Jaya tidak terjadi kasus KDRT dan penjualan orang," pungkasnya. (ana)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu

Editor: Febrina

Tags

Terkini

Dapat 52 Suara, Abi Ketua Katar Gandul Depok

Selasa, 31 Januari 2023 | 09:10 WIB

Harjamukti Laksanakan Program Kampung Caraka

Senin, 30 Januari 2023 | 23:08 WIB

Pokja Sehat Cimpaeun Atasi Stunting

Senin, 30 Januari 2023 | 23:05 WIB

Depok Jaya Ambisi Bebas Banjir

Senin, 30 Januari 2023 | 22:24 WIB

Jalan Pramuka Mampang Tercemar Sampah

Senin, 30 Januari 2023 | 22:09 WIB

Begini Cara Curanmor Beraksi di Grogol Depok

Senin, 30 Januari 2023 | 19:11 WIB

Ketua PKK Kelurahan Cimpaeun Dilantik

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:29 WIB

Sukatani Bakal Jalankan 54 Pembangunan di 2023

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:45 WIB

Lapangan PSP Sawangan Resmi Bersoperasi

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:47 WIB

Upaya BKM dan LKM Sukseskan Program Pemerintah

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:40 WIB

Pokja Kelurahan Sehat Kecamatan Tapos Dikukuhkan

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:32 WIB

108 Warga Sawangan Terima Sertifikat PTSL

Rabu, 25 Januari 2023 | 22:42 WIB
X