Kamis, 9 Februari 2023

Lihat Kegiatan Kelurahan Cipayung Depok : 12 RW, 75 RT Dibina Layani Masyarakatnya

- Minggu, 27 November 2022 | 20:53 WIB
PEMBINAAN : Kegiatan Pembinaaan RT, RW dan LPM selama dua hari di kantor kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung. ANDIKAEKA/RADARDEPOK
PEMBINAAN : Kegiatan Pembinaaan RT, RW dan LPM selama dua hari di kantor kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung. ANDIKAEKA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM-Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsinya, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Kota Depok mengadakan kegiatan Pembinaaan RT, RW dan LPM selama dua hari di kantor kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung.

Laporan : Andika Eka Maulana

Seyogyanya sebagai lembaga kemasyarakatan, keberadaan RT dan RW Merupakan penghubung antara masyarakat dengan Pemerintah, dalam hal Ini Desa dan Kelurahan. Dengan kata lain, pengurus RT dan RW merupakan sarana atau jembatan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Desa atau Lurah sebagai aparat Pemerintah.

Sebaliknya, pengurus RT Dan RW mampu menerjemahkan segala kebijakan atau program yang digulirkan aparat Pemerintah kepada masyarakat. Yang terakhir ini menuntut kecakapan RT dan RW dalam mengelola dan mengembannya serta Menyampaikannya kepada masyarakat yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, aparat RT dan RW seharusnya memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menunjang hal-hal tersebut.

Kegiatan ini diikuti sekitar 87 peserta dibuka resmi Sekretaris Kecamatan Cipayung, Ahmad Soma dan disaksikan Sekretaris Kelurahan Cipayung, Daroji. Nara sumbernya adalah Kabag Pemerintahan Pemerintah kota Depok, Hakim Siregar dan Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Depok, Jaka Susanta.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Sekcam Cipayung, Ahmad Soma memberikan apresiasinya kepada Kelurahan Cipayung atas kegiatan pembinaan RT,RW dan LPM karena memiliki arti penting bagi RT, RW dan LPM sebagai lembaga kemasyarakatan kelurahan.

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, Ahmad Soma berharap para peserta mengikuti dan fokus menyimak dan memahami materi yang disampaikan para nara sumber.

"Selain pengetahuan bagi masyarakat, kegiatan pembinaan RT, RW dan LPM sebagai lembaga kemasyarakatan kelurahan tahu dan memahami tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) dalam melayani masyarakat sebagaimana yang telah diatur didalam Peraturan Walikota (Perwal) Walikota Depok," tandas Soma.

Sementara itu Kepala Seksi Kemasyarakatan fan Pelayanan (Kemaspel) Kelurahan Cipayung, Sih Supatmi menjelaskan, kegiatan pembinaan RT,RW dan LPM agar para pengurus baik yang masih baru maupun yang lama tahu, mengerti dan paham tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga kemasyarakatan kelurahan dalam melayani masyarakat.

"Kelurahan Cipayung memberikan pembekalan RT/RW dalam melayani warganya berdasarkan peraturan yang berlaku terutama Perwal RT, RW dan LPM agar para pengurusnya tahu dan paham dengan tupoksinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Supatmi.

Kegiatan pembinaan RT,RW dan LPM selama duahari, menurut Supatmi, diikuti sebanyak 87 peserta dari 12 RW dan 75 RT. "Mengingat pesertanya banyak, namun kapasitas ruangannya terbatas maka kegiatannya dibagi dua sesi dalam 2 hari," jelasnya. (*)

Jurnalis : Andika Eka

Editor : Arnet Kelmanutu

Editor: Febrina

Tags

Terkini

TP PKK Kelurahan Kukusan Perangi Stunting

Selasa, 7 Februari 2023 | 22:46 WIB

Ini Upaya Kader Kukusan Depok Cegah Stunting

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:22 WIB

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:25 WIB

Dinkes Bersama PERSAGI Periksa Gizi Anak di Depok

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:45 WIB

PKK Kelurahan Cimpaeun Dorong Posyandu Lebih Kreatif

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:25 WIB

RW14 Bojongsari Depok Galakan PHBS

Senin, 6 Februari 2023 | 19:14 WIB

Kelurahan Mampang Depok Siap Songsong Pemilu 2024

Senin, 6 Februari 2023 | 11:00 WIB
X