Jumat, 9 Juni 2023

SMP Setia Negara Optimis Raih Adiwiyata

- Selasa, 14 Maret 2023 | 08:45 WIB

RADARDEPOK.COM – SMP Setia Negara menerima kunjungan  tim verifikasi lapangan dari DLHK dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut program Adiwiyata tingkat Kota Depok tahun 2023.

Kepala Sekolah SMP Setia Negara, Deni Khaidir mengatakan, pada kegiatan verifikasi lapangan yang dilakukan pada Senin (13/03) tersebut, tim verifikasi lapangan melakukan pengecekan beberapa sarana prasarana yang menjadi sayarat bagi sekolah untuk meraih predikat Adiwiyata.

“Yang dinilai meliputi sarana pengolahan sampah organik kompos, dan pembuatan pupuk organik cair (POC), penghijauan, drainase, hemat energi, dan proyek inovatif yang ada di sekolah kami,” kata Deni, Senin (13/3).

Dia mengungkapkan, sekolah ini sudah memiliki proyek inovatif unggulan untuk mendukung peraihan predikat Adiwiyata, yaitu program pengembangan tanaman hidroponik.

“Program ini sudah berjalan hampir dua tahun secara konsisten,” ucap dia.

Program pengembangan tanaman hidroponik ini dibuat di lahan seluas 35 m2, yang ada di halaman sekolah. Di lahan tersebut, mereka menanam berbagai jenis sayuran, mulai dari pakchoy dan selada.

“Kami punya 400 lubang tanam yang terisi dengan berbagai jenis sayuran,” tutur dia.

Dari hasil pertanian di halaman minimalis tersebut, mereka bisa memanen beragam sayur mayur segar, dengan kualitas terbaik. Masa panen juga terhitung cepat, hanya berkisar 42 – 45 hari sejak ditanam.

“Hasil hidroponik ini memiliki nilai ekonomis, karena dapat dijual kepada warga sekolah atau orang tua siswa yang kebetulan hadir ke sekolah. Selebihnya juga bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi warga sekolah,” beber dia.

Dia berharap, SMP Setia Negara dapat memberi kontribusi sebagai salah satu penyuplai sayuran segar berkualitas di Depok.

 

Terakit penilaian Adiwiyata, Deni melanjutkan, hasil verifikasi lapagan yang dilakukan di sekolah tersebut akan diumumkan pada April mendatang. Untuk meraih predikat ini, Setia Negara akan bersaing dengan puluhan sekolah lain yang juga sudah mengikuti kegiatan verifikasi.

“April nanti hasilnya akan diumumkan, dan akan dijaring 15 besar terlebih dahulu jumlah sekolah yang ikut penilaian. Tahun ini ada 55 sekolah yang daftar, sementara tinggal 25 sekolah yang bertahan sampai sekarang, termasuk Setia Negara,”  imbuh dia.

Deni mengaku optimis, sekolahnya bakal meraih predikat Adiwiyata tahun ini setelah apa yang mereka lakukan di sekolah, dinyatakan memenuhi kriteria untuk meraih predikat tersebut.

“Sangat optimis, apalagi setelah mendengar evaluasi hasil verifikasi. Mereka menyebutkan semua kriteria hapir terpeuhi,” tutup dia. (RD)

Halaman:

Editor: Indra Abertnego

Tags

Terkini

Dubes RI di AS Kunjungi Booth UI di NAFSA 2023

Senin, 5 Juni 2023 | 11:19 WIB
X