Selasa, 7 Februari 2023

Tole Iskandar, Pahlawan yang jadi Nama Jalan di Depok : Tembak Jatuh Pesawat Belanda, Sembunyi di Parit

- Rabu, 10 November 2021 | 22:19 WIB

10 November setiap tahun diperingati sebagai Hari Pahlawan. Banyak aktifitas yang dapat dilakukan untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam medan perang. Untuk warga Depok, tentu tak asing dengan nama Tole Iskandar. Pahlawan, yang akhirnya diabadikan jadi nama salah satu jalan utama di Depok. Bagaimana kisahnya?


Laporan : Gerard Soeharly


RADARDEPOK.COM, Sedari pagi hingga menjelang siang, Arifin Darmo banyak menghabiskan waktunya untuk membersihkan taman. Sampah daun kering yang sudah mati, ia angkut. Dimasukan ke dalam tempat sampah. Dia ingin agar Tole Iskandar Park tetap bersih. Supaya masyarakat yang berkunjung betah.


Arifin tidak sendiri. Dia dibantu dua orang kerabatnya. Cuma berkaos oblong dan bercelanan pendek, ia tampak santai. Tole Iskandar Park berdiri diatas lahan seluas 1 hektare. Di dalamnya ada gelanggang olahraga dan musala.


Mumpung waktu senggang, sekalian membersihkan,” ungkapnya saat menyambut kedatangan Radar Depok.


Dia adalah keluarga langsung dari Tole Iskandar. Arifin adalah keponakannya. Ibundanya adalah adik dari Tole Iskandar.


Tole adalah anak pertama dari tujuh bersaudara. Ke enam adiknya yaitu Tuti, Sukaesih, Sugito, Suyoto, Mulyati, dan Slamet Mulyono. Mereka adalah anak dari pasangan Raden Samidi Darmorahardjo dan Sukati binti Raden Setjodiwiryo.


"Dia adalah pahlawan sejati buat saya dan keluarga saya. Karena, pada saat itu kan sudah hidup enak tetapi lebih memilih untuk jadi tentara memperjuangkan bangsa ini," kata Arifin.


Darmo mulai menceritakan kisah pamannya yang gugur di medan perang. Tole wafat pada usia sekira 25 tahun. Ia gugur ketika menghadapi dengan sekutu di daerah Cikasintu, Sukabumi, Jawa Barat, pada 1947 bersama Batalion 8.


Kala itu pangkatnya Letnan Dua. Kini makam Tole Iskandar berada di Taman Makam Pahlawan Dreded, Kota Bogor, setelah dipindahkan dari Sukabumi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Akulturasi Cina Sumbang Keragaman Budaya Indonesia

Senin, 6 Februari 2023 | 22:21 WIB

RW14 Bojongsari Depok Galakan PHBS

Senin, 6 Februari 2023 | 19:14 WIB

Kelurahan Mampang Depok Siap Songsong Pemilu 2024

Senin, 6 Februari 2023 | 11:00 WIB

Tiang BTS Rubuh di Depok, Ini Sebabnya

Senin, 6 Februari 2023 | 09:15 WIB

92 Pantarlih Mampang Kawal Pemilu 2024 di Depok

Minggu, 5 Februari 2023 | 18:59 WIB

1.090 Pengunjung Serbu Vaskin di Balaikota Depok

Sabtu, 4 Februari 2023 | 11:45 WIB
X