Selasa, 7 Februari 2023

Penderita Maag, Ini 10 Buah yang Aman untuk Penambah Darah

- Senin, 29 Agustus 2022 | 09:01 WIB
ILustrasi : Buah pepaya, salah satu buah yang aman bagi penderita maag untuk menambah darah. Istimewa
ILustrasi : Buah pepaya, salah satu buah yang aman bagi penderita maag untuk menambah darah. Istimewa

RADARDEPOK.COM – Penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung, penyakit pencernaan yang mana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan.

Banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah buah-buahan yang masam. Belum lagi, penderita maag yang kekurangan darah perlu asupan makanan penambah darah. Namun, terkadang makanan untuk orang darah rendah dan penyakit maag saling bertentangan.

Penderita GERD memang perlu mengubah gaya hidup termasuk pilihan menu makanan demi mengantisipasi gejala asam lambung yang mengganggu aktivitas mereka. Jenis makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh signifikan terhadap berapa banyak asam lambung yang diproduksi dalam perut.

Buah untuk asam lambung yang aman adalah non-citrus fruits alias buah-buahan yang tidak bersifat asam. Simak 10 buah penambah darah yang aman bagi penderita maag.

1. Apel

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, apel juga menjadi buah penambah darah yang aman untuk asam lambung. Buah ini mengandung zat besi dan magnesium untuk mengurangi asam dan meredakan gejala asam lambung.

Apel juga menjadi sumber zat besi yang dibutuhkan untuk merangsang jumlah hemoglobin dalam darah. Memakan buah apel dengan kulitnya juga memaksimalkan nutrisi yang ada.

2. Semangka

Buah penambah darah yang aman untuk asam lambung selanjutnya adalah semangka. Buah ini dapat menetralkan asam lambung serta mengurangi refluks.

Tidak hanya itu, buah semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin  C dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Selain kaya akan vitamin C dan vitamin A, kandungan zat besi dalam semangka juga lumayan tinggi. Dalam satu potong semangka, mengandung zat besi sebanyak 1,5 gram. Nah, kandungan zat besi inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah sel darah merah.

3. Delima

Delima adalah sumber yang kaya kalsium dan zat besi, yang juga disertai protein, karbohidrat, dan serat. Buah ini salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kadar darah, berkat nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Kita bisa mengonsumsi buah delima secara rutin untuk memastikan kadar hemoglobin setara.

4. Persik

Buah penambah darah yang aman untuk asam lambung selanjutnya adalah persik. Buah ini ternyata kaya vitamin C dan zat besi. Nah, vitamin C ini membantu dalam menyerap zat besi, yang selanjutnya mencegah sel darah merah yang rusak. Selain itu, buah ini juga rendah asam dan baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

5. Blewah

Kandungan serat dan fitokimia dalam buah ini berkhasiat dalam meredakan asam lambung. Selain itu, buah blewah kaya akan antioksidan dan mineral kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil.

Kalium juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan memungkinkan otot-otot tubuh dapat berkontraksi dengan baik.

6. Melon

Buah penambah darah yang aman untuk asam lambung ini bisa di jus atau dimakan langsung. Selain rasanya lezat, melon bisa meredakan gejala GERD dan menambah darah. Melon memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat mineral magnesium yang ada di dalamnya. Magnesium merupakan salah satu kandungan utama dari obat antasida untuk meredakan gejala maag.

Selain itu, melon juga kaya akan vitamin A yang dapat membantu zat besi untuk meningkatkan hemoglobin di dalam darah.

7. Kismis

Kismis menjadi pilihan buah penambah darah lainnya yang wajib dicoba.

Pada dasarnya, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Kismis memiliki kandungan zat besi, tembaga, potassium, dan magnesium yang bisa membantu menjaga keseimbangan tingkat keasaman dalam perut. Kandungan tersebut juga penting untuk membuat sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

8. Pisang

Buah penambah darah yang aman untuk lambung selanjutnya adalah pisang. Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang baik untuk menetralisir asam lambung. Selain itu, pisang juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah. Buah ini menjadi sumber asam folat yang baik dan dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.

9. Pepaya

Selain baik untuk kesehatan pencernaan, pepaya juga menjadi buah penambah darah yang aman untuk asam lambung. Kandungan vitamin C di dalam pepaya, mampu mengurangi gejala asam lambung.

Selain itu, pepaya yang terkenal kaya akan kandungan folat. Konsumsi pepaya bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang disebut karotenoid.

10. Ara

Meskipun tidak terlalu populer, buah ara juga bagus untuk menambah darah yang aman untuk asam lambung. Buah yang satu ini punya gula alami, kalium, kalsium, dan zat besi, serta serat untuk melancarkan pencernaan.

Selain mengurangi gejala asam lambung, buah ara juga bisa melancarkan sembelit. Buah ara dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ekstrak ara dapat menurunkan tekanan darah dengan tekanan normal. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah normal, agar tidak muncul masalah kesehatan lainnya. (rd)

Sumber Orami

Editor: Ricky Juliansyah

Tags

Terkini

Bakar 1.500 T

Selasa, 7 Februari 2023 | 09:05 WIB

Muhammadiyah Puasa 23 Maret, Lebaran 21 April

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:10 WIB

Prabowo Muji Presiden Jokos Widodo Setinggi Langit

Senin, 6 Februari 2023 | 16:15 WIB

62 Ribu Jamaah Haji Lansia, Kemenag Siapkan ini?

Senin, 6 Februari 2023 | 15:40 WIB

Geis Chalifah Ungkap Anies Baswedan Taat Janji

Senin, 6 Februari 2023 | 12:53 WIB
X