Selasa, 31 Januari 2023

KAI Tunggu Hasil Investigasi soal KRL Anjlok di Kampung Bandan

- Minggu, 27 November 2022 | 07:33 WIB
Kereta Rel Listrik (KRL) anjlok di Stasiun Kampung Bandan. FOTO: IST/NET
Kereta Rel Listrik (KRL) anjlok di Stasiun Kampung Bandan. FOTO: IST/NET

RADARDEPOK.COM, JAKARTAKereta Rel Listrik (KRL) anjlok di Stasiun Kampung Bandan. Hal itu dibenarkan VP Corporate Secretary Kereta Api Indonesia Commuter Anne Purba. Ia mengatakan KRL yang anjlok tersebut bernomor KA 5144C.

“KA 5144C mengalami anjlokan di Stasiun Kampung Bandan pada pukul 13.47 WIB,” ungkap Anne dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (26/11).

Peristiwa itu membuat perjalanan KRL di jalur Kampung Bandan-Manggarai sempat mengalami gangguan. Selama proses evakuasi, Anne mengatakan telah melakukan rekayasa pola operasi.

“Perjalanan kereta Manggarai-Kampung Bandan-Jatinegara hanya sampai Stasiun Angke,” jelasnya.

“Sedangkan perjalanan kereta Jatinegara-Kampung Bandan-Manggarai hanya sampai dengan Stasiun Pasar Senen,” tutur Anne.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Pihak KRL bersama dengan tim Daerah Operasi 1 Jakarta sedang melakukan evakuasi sekaligus pengecekan prasarana agar jalur kembali dapat melayani KRL.

“KAI Commuter menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya perjalanan Commuterline di jalur Kampung Bandan-Manggarai,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunnisa mengatakan belum mengetahui penyebab anjloknya KRL jurusan Kampung Bandan-Manggarai pada Sabtu siang, (26/11). Pihaknya memeriksa pihak-pihak terkait operasional kereta.

"Tentunya harus melalui proses pemeriksaan investigasi dahulu ya di lapangan. Apa yang menjadi penyebab atau terkait (tabrak) tiang dulu atau anjlok dahulu. Itu harus melalui proses pemeriksaan dengan memanggil sejumlah pihak yang terkait dengan operasional kereta tersebut," ungkap Eva, Sabtu (26/11).

Eva menyebutkan kronologis terjadi saat KRL tersebut melintas. KRL yang merupakan relasi dari Kampung Bandan menuju Manggarai itu melewati Stasiun Kampung Bandan, dan terjadi kendala operasional, yaitu anjlok.

"Penanganan pertama yaitu mengevakuasi penumpang lebih dulu dan seluruh penumpang sudah dievakuasi dan dipastikan tidak mengalami luka berat dan lainnya. Semua penumpang selamat dan selanjutnya kami melakukan evakuasi untuk mengangkat kereta api tersebut yang mengalami anjlok dan juga melakukan perbaikan prasarana yang terdampak dan pengaturan perjalanan kereta apinya," tutur Eva.

Ia juga mengatakan salah satu prasarana yakni tiang listrik aliran atas atau LAA, menimpa kereta. Sebanyak tiga kereta (gerbong) yang anjlok dan tertimpa tiang tersebut.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, Eva belum dapat memastikan jumlah penumpang yang saat kejadian berada di dalam kereta.

"Saat kejadian kereta sedang beroperasi normal melayani penumpang namun sudah kita pastikan tidak ada penumpang yang terluka. Seluruh penumpang selamat dan sudah dievakuasi," pungkasnya. (jpc/mci/rd/net)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Surya Paloh Kena Semprot Jokowi Soal Deklarasi Anies

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:43 WIB

Lulusan SMA Bisa Menjadi CPNS di Tahun 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:29 WIB

Gaji PPPK Tahun 2023 Naik, Cek kenaikan Gajinya

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:03 WIB

Ketum PBNU Angkat Bicara soal Usulan Biaya Haji 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:46 WIB

Viral Bocah SD Bawa Ayah Berobat Pakai Becak Motor

Selasa, 31 Januari 2023 | 07:57 WIB

Bebas 106T

Selasa, 31 Januari 2023 | 07:45 WIB

Jokowi Ungkap Isi Pertemuannya dengan Surya Paloh

Senin, 30 Januari 2023 | 10:12 WIB

Yourway Myway

Senin, 30 Januari 2023 | 08:41 WIB
X