Kamis, 9 Februari 2023

Dana Parpol Rp1,3 Miliar di Depok Cair Maret

- Senin, 7 Februari 2022 | 07:30 WIB
ilustrasi
ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Partai politik (Parpol) di Kota Depok, tak lama lagi bakal dapat durian runtuh. Dana parpol 2022 yang biasanya cair akhir tahun, Maret bulan depan sudah bisa diberikan. Dana sebesar Rp1,3 miliar tersebut, kini sudah masuk proses administrasi di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok, Mahzab HM menyebut, hingga kini dana untuk parpol masih belum terealisasikan pada PPP. Umumnya, bantuan dana itu turun pada akhir tahun. “Belum turun, biasanya di penghujung tahun. Dana parpol 2021 sudah,” ucap  Mahzab kepada Harian Radar Depok, Minggu (6/2).

Menurutnya, kalau tidak salah PPP mendapatkan 41.534 suara di Pilleg sebelumnya. Sehingga dana yang diterima sekitar Rp62.301.000. Kendati tak terlalu besar, dana tersebut sangat dibutuhkan setiap parpol untuk pengembangan di partai maupun akar rumput. “Semua partai pasti membutuhkan,” tegas pria yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Depok ini.

Sementara, Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Depok, Farabi A Arafiq mengatakan, belum memantau dana yang masuk. Anak penyanyi dangdung legendaris almarhum Arafiq ini, baru akan mengecek pekan ini. “Saya belum cek ke bendahara, mungkin minggu ini saya adakan rapat,” singkatnya.

Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Depok, Pradi Supriatna mengaku, dana tersebut nantinya bisa buat kebutuhan operasional partai. Belum tahu pasti kapan dana tersebut diberikan. Saban tahun selalu tepat waktu di akhir tahun.  Seharusnya, sambung Pradi, Partai Gerindra meraih 179.382 suara. Jadi jika di kalikan dengan Rp1.500 dana parpol yang didapat sebesar Rp269.073.000. Dana itu sebenarnya tak sebanding dengan operasional partai ditiap tahunnya. Mesti ada kenaikan, sudah bertahun-tahun di Depok hanya Rp1.500 per satu suara. “Semua pasti membutuhkannya buat partai,” jelasnya.

Menimpali hal ini, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Abdul Rahman menuturkan, dana anggaran untuk parpol di Depok pada 2022 belum terealikasasikan. Dana tersebut masih dalam proses administrasi di Pemkot Depok. “Kita sebagai lembaga yang menyalurkan dana untuk parpol ya menunggu arahan dari pemerintah pusat dulu,” ucap Abra –sapaan Abdul Rahman- kepada Harian Radar Depok.

Besaran anggaran yang diperoleh  masing-masing partai, tergantung dari perhitungan suara yang di dapat. “Besaran anggaran itu sudah diatur oleh Permendagri sebesar Rp1.500 dikalikan dengan jumlah perolehan suara,” ungkapnya.

Jumlah dana parpol hampir sama dengan tahun sebelumnya : Rp1,3 miliar. Dana partai politik tentunya dapat berguna demi menunjang tugas–tugas parpol dalam mendukung pemerintah. Menurutnya, proses kenaikkan dana parpol bisa saja. Tapi, mesti melihat dahulu kemampuan dari keuangan pemerintah pusat. Dan tentunya itupun setelah disetujui Walikota Depok. “Usulan kenaikan dana dari dewan dan kepala daerah sendiri dapat dipertimbangkan dengan keputusan Pemerintah Pusat. Insha  Allah mungkin awal Maret sudah turun (Dana parpol), ya kita tunggu saja,” tandasnya.(cr1/rd)

Jurnalis : Nurhidayati Fauna

Editor : Fahmi Akbar 

Editor: Fahmi Akbar

Tags

Terkini

Banten Gempa, Depok Kena Goyangnya Tapi Tipis-tipis

Selasa, 7 Februari 2023 | 12:58 WIB

Alhamdulillah, 2.080 Honorer Kota Depok Terima SK

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:53 WIB

Sehari Dua Nyawa Melayang Secara Tragis di Depok

Selasa, 7 Februari 2023 | 08:20 WIB

Video Syur Mirip Rezky Aditya Masuk Babak Baru

Senin, 6 Februari 2023 | 12:39 WIB

Pak Zulhas di Depok HET MinyaKita Jebol Rp2.000

Senin, 6 Februari 2023 | 07:30 WIB
X