Minggu, 4 Juni 2023

Nama : Mbah Jono, Usia : 91 Tahun, Rumah : Tinggal Sendirian di Pemakaman

- Senin, 12 September 2022 | 00:20 WIB
TikTok @gerryprayudi
TikTok @gerryprayudi

RADARDEPOK.COMSiapa yang tidak mau saat usia senja, dikelilingi orang-orang terkasih. Boleh dibilang itu mimpi semua orang. Tapi banyak pula diluar sana yang mesti menghadapi hari tua hanya sebatang kara.


Inilah kisah yang dialami Mbah Jono, pria yang hidup sendiri di sebuah pemakaman, di Sasono Mukti, Kecamatan Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah. Mbah Jono sudah cukup lama tinggal di tempat pemakaman ini.


Melansir dari TikTok @gerryprayudi, kakek berusia 91 tahun itu sehari-hari membantu membersihkan makam-makam yang ada di sana. Untuk istirahat, Mbah Jono tidur di sebuah gubuk yang terletak di pojok kuburan.


Rumah tersebut kondisinya banyak yang bolong. Dindingnya hanya menggunakan papan triplek dan seng seadanya. Mbah Jono tidur di atas dipan kecil dengan satu bantal.


"Rumah mbah Jono terletak di pojok kuburan, tak berdinding dan sudah reyot," tulis Gerry dalam video.


Menurut informasi yang dituturkan Gerry, Mbah Jono sebelumnya sudah pernah dibawa ke panti jompo. Namun karena tidak betah, ia pun kembali ke kuburan.


Gerry Prayudi yang merupakan pegiat sosial akhirnya memutuskan untuk memperbaiki rumah Mbah Jono agar lebih layak huni. Dibantu oleh teman-teman peduli, gubuk Mbah Jono satu persatu mulai dibenahi.


"Akhirnya kita putuskan buat perbaiki rumah Mbah Jono, biar jadi rumah layak huni," tuturnya.


Rumah Mbah Jono yang sebelumnya tidak ada dinding, akhirnya dibuatkan dinding dan setengahnya ditutup menggunakan multiplek. Bagian atap juga diperbaiki dengan seng baru.


Jika sebelumnya Mbah Jono tidur di teras rumahnya. Setelah direnovasi, Mbah Jono bisa tidur dengan nyaman di dalam ruangan. Meski kecil, namun rumah itu lebih baik dan layak huni daripada sebelumnya.


Video yang dibagikan oleh Gerry Prayudi itu pun ramai ditonton oleh warganet. Mereka juga meninggalkan komentar menyentuh.


"ga kebayang, 91 tahun tidak merasakan mencintai dan dicintai," tulis Yayan.


"Mbah jono sehat selalu yaa Aku blm bisa bntu Mbh cman bisa doain mbh yg terbaikk pokoknya sehat selalu ya MbhSmngat buat mbh ya," komentar Cynniat.


"sehat slalu org baik. semoga d beri kesehatan dan rezki yg berlimpah," ucap Aisyah. (rd/jun)

Halaman:

Editor: Febrina

Tags

Terkini

Bismillah, Selamat Beribadah Calon Haji Depok

Senin, 29 Mei 2023 | 07:15 WIB
X