Senin, 6 Februari 2023

MImbar Jumat: Ikhlas Menghadapi Masalah

- Jumat, 20 Januari 2023 | 10:54 WIB

Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar (Ketua MUI Kota Depok)

RADARDEPOK.COM -- Setiap orang pasti sering menghadapi masalah dalam hidupnya. Ada masalah yang cepat selesai dan ada juga yang lama selesainya. Tapi yang namanya masalah sebenarnya ada jalan keluarnya. Karena masalah itu biasanya muncul sebagai ujian yang didatangkan oleh Allah SWT sebagai ujian bagi manusia. Dalam menjalani hidupnya di muka bumi ini. Tinggal orangnya saja, sadar atau tidak bahwa masalah yang sedang dihadapi itu sebenarnya datang sebagai ujian yang harus ditempuh.

Orang yang sadar bahwa ujian yang sedang dihadapi itu adalah kiriman dari Tuhannya, maka akan dengan senang hati menyelesaikannya. Dan dikerjakannya dengan sungguh-sungguh. Dan juga sadar bahwa sebenarnya setiap ujian itu sudah disediakan kunci jawabannya. Hanya saja lembar jawaban itu masih misterius bagi dirinya. Ia harus dicari dan diusahakan sampai ketemu jalan keluarnya. Dan jawaban yang sudah disediakan oleh Allah SWT tetap akan menjadi misteri dalam pencariannya sampai Allah SWT yang akan membuka tabirnya pada waktu yang tepat dan ditentukan oleh-Nya.

Oleh karena itu manusia hanya bertugas menjalani ujian dengan ikhlas dan sabar. Dalam arti ikhlas pada pemberian Tuhan yang telah dijatahkan untuknya. Mungkin kalau jalan hidupnya itu terlalu mulus dan tanpa ada masalah bisa jadi seseorang itu menjadi lupa diri. Menjadi sombong dan sejenisnya.

Yang pada akhirnya akan menyebabkan kejatuhan ke jurang kehinaan dan kehancuran. Maka dengan adanya masalah yang dijadikan ujian itu bisa menjadikan dirinya berhati-hati dan waspada. Karena setiap manusia melangkah pasti ada resikonya. Jika dia berjalan pelan akan ketinggalan teman. Tapi kalau terlalu cepat bisa lekas lelah dan bahkan bisa jatuh.

Apa lagi hidup di zaman yang serba modern ini, harus lebih berhati-hati. Maka dari itu dikatakan oleh Ulama’: “At-Ta anni minallah wal ‘ajalah minas syaithan; berhati-hati itu datang dari Allah SWT, sedangkan tergesa-gesa itu datangnya dari setan.” Demikian juga dalam petuah Jawa dikatakan: “Alon-alon waton kelakon; biar pelan tidak apa-apa yang penting terjangkau.” Ini semua mengandung pelajaran bahwa hidup ini harus dihadapi dengan penuh kehati-hatian.

Di samping upaya lahiriyah juga perlu usaha batiniyah dengan cara meningkatkan pendekatan spiritual kepada Tuhan. Karena pendekatan spiritual ini bisa memungkinkan dapat petunjuk dan bimbingan dari Tuhan, yang pada akhirnya ditemukan kunci jawabannya. Karena hanya Tuhanlah yang bisa menyingkap tabir rahasia kehidupan ini. Maka menyelesaikan masalah dihadapi dengan penuh keikhlasan agar Allah SWT ridla dan membantu proses penyelesaiannya sampai tuntas. Wallahu a’lam.  (*)

Editor: Mohammad Agung

Tags

Terkini

Video Syur Mirip Rezky Aditya Masuk Babak Baru

Senin, 6 Februari 2023 | 12:39 WIB

Pak Zulhas di Depok HET MinyaKita Jebol Rp2.000

Senin, 6 Februari 2023 | 07:30 WIB

Mimbar Jumat: Panggilan Kemuliaan

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:21 WIB

Pengajar Agama Mesum di Depok Dibui 18 Tahun

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:25 WIB

Dicurangi Wasit, Depok City Juara II Soeratin Jabar 

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:05 WIB

176 Faskes Se-Depok Dilarang Minta Duit

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:15 WIB
X