Selasa, 30 Mei 2023

Mengenal Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Disorot Disidang Kongres AS

- Sabtu, 25 Maret 2023 | 21:11 WIB
Mengenal CEO TikTok, Shou Zi Chew. FOTO: WIKIPEDIA.ORG
Mengenal CEO TikTok, Shou Zi Chew. FOTO: WIKIPEDIA.ORG

RADARDEPOK.COM, AMERIKA – Drama antara TikTok dan pemerintah Amerika Serikat (AS) berlanjut. Kali ini dengan kehadiran CEO TikTok, Shou Zi Chew di sidang Kongres AS.

Shou Zi Chew hadir di hadapan Komite Energi dan Perdagangan DPR AS untuk memberikan kesaksian mengenai keamanan data pengguna, serta dugaan hubungan TikTok dengan pemerintah China.

Namun, siapa sebenarnya Shou Zi Chew dan bagaimana perjalanan kariernya hingga menjadi CEO TikTok?

Shou Zi Chew bukanlah orang asing di dunia bisnis. Sebelum menjabat sebagai CEO TikTok, ia pernah bekerja sebagai bankir investasi di Goldman Sachs selama dua tahun.

Setelah itu, ia pindah ke raksasa smartphone China Xiaomi di mana ia menjadi chief financial officer dan presiden bisnis internasional.

Ia berjasa dalam penawaran saham perdana (IPO) perusahaan pada 2018 sebelum kemudian melompat ke ByteDance pada Maret 2021, di mana ia menjadi orang pertama yang mengisi peran kepala keuangan di perusahaan media tersebut.

Dua bulan setelah bergabung dengan ByteDance, Chew menjabat sebagai CEO TikTok setelah pengunduran diri Kevin Mayer.

Ini terjadi di tengah upaya pemerintahan Trump untuk memaksa penjualan aset TikTok ke AS.

Meskipun awalnya Chew memiliki kendala dalam pengambilan keputusan di perusahaan, namun ia kini menjadi pusat perhatian banyak orang setelah memimpin platform video pendek tersebut.

Shou Zi Chew, yang kini berusia 40 tahun, bercerita dalam pembukaan kesaksiannya bahwa ia bukan orang China tetapi "orang Singapura yang berbasis di Singapura".

Ia pernah tinggal di Singapura, United Kingdom, dan Amerika Serikat, sehingga ia memiliki pengalaman yang beragam di berbagai negara.

Selain itu, Shou Zi Chew juga terkenal dengan profil publiknya yang semakin meningkat pada tahun lalu.

Ia membuat akun TikToknya sendiri, @shou.time, pada Februari tahun lalu untuk menampilkan sekilas kehidupan pribadinya, setelah hampir setahun dia memimpin platform tersebut. Ia bahkan mendapat 18.000 pengikut di akunnya.

Dalam unggahan videonya, ia terlihat menghadiri pertandingan Super Bowl dan NBA, bertemu selebritas seperti Bill Murray, dan dengan canggung mencoba berdansa dengan penyanyi Ciara.

Selain itu, Chew juga mengungkapkan bahwa ia adalah seorang penggemar golf dan penggemar komedian Kevin Hart.

Halaman:

Editor: Mohammad Agung

Tags

Terkini

X