Senin, 6 Februari 2023

Menyelami Sejarah Tempat Pemakaman Khusus (TPK) Kamboja YLCC : Tombe Makam Setinggi Dua Meter, Tempat Peristir

- Jumat, 20 Januari 2023 | 08:45 WIB
PEMAKAMAN : Salah Satu peziarah ke makam tombe Adolf Van Der Cappelen di Tempat Pemakan Khusus (TPK) Kamboja YLCC.  (MELANIA/RADAR DEPOK)
PEMAKAMAN : Salah Satu peziarah ke makam tombe Adolf Van Der Cappelen di Tempat Pemakan Khusus (TPK) Kamboja YLCC. (MELANIA/RADAR DEPOK)

RADARDEPOK.COM - Tempat pemakaman khusus (TPK) Kamboja berbeda dengan pemakaman pada umumnya. Faktor sejarah dan kebudayaan punya daya tarik sendiri.

Pemakaman yang diurus Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC), merupakan tempat peristirahatan terakhir masyarakat Eropa (Belanda) dan kaum Mardijkers Depok.

 Laporan : Melania Andrea, Kota Depok

Suasana hening ditemani dengan aroma bunga kamboja yang unik menghilangkan kesan angker, di Jalan Nusa Indah, kecamatan Pancoranmas.

Sejauh mata memandang terlihat sejumlah bangunan makam yang beragam. Pemakaman ini mulai digunakan sekitar tahun 1851, disebut juga dengan kerkhoff atau begraafplaatsen Depok.

Kerkhoff sendiri merupakan bahasa Belanda yang dipecah dengan dua suku kata dengan makna kerk artinya gereja dan hoff adalah halaman.

Baca Juga: Imbas Proyek Tol Cijago, Nasib Ponpes Salafus Sholihin Depok Digantung

Menjadi tradisi orang Belanda mayoritas Kristen dengan mengkuburkan keluarga dekat dengan gereja. Bisa dikatakan kuburan bagi orang- orang Belanda maupun orang yang beragama kristen.

Keunikan pemakaman ini ada pada bentuk makam yang berukuran besar melebihi tinggi manusia, kira-kira dua meter. Makam tersebut berbentuk kotak besar sering disebut dengan Tombe.

Tombe merupakan ruangan yang bisa menampung sekira lima hingga sepuluh peti di dalamnya. Di dalam peti akan ditumpuk dalam tiga deretan, peti yang sudah dapat ditumpuk berumur lima tahun. Kurang lebih terdapat sepuluh tombe yang ada di TPK Kamboja.

Halaman:

Editor: Fahmi Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Video Syur Mirip Rezky Aditya Masuk Babak Baru

Senin, 6 Februari 2023 | 12:39 WIB

Pak Zulhas di Depok HET MinyaKita Jebol Rp2.000

Senin, 6 Februari 2023 | 07:30 WIB

Mimbar Jumat: Panggilan Kemuliaan

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:21 WIB

Pengajar Agama Mesum di Depok Dibui 18 Tahun

Kamis, 2 Februari 2023 | 08:25 WIB

Dicurangi Wasit, Depok City Juara II Soeratin Jabar 

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:05 WIB

176 Faskes Se-Depok Dilarang Minta Duit

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:15 WIB
X