Kamis, 8 Juni 2023

Menilisik Keberadaan Galeri Pemulihan Aset Kejari Depok (1) : Berkonsep Galeri, Pertama di Indonesia

- Rabu, 29 Maret 2023 | 03:55 WIB
RESMIKAN : Kepala Kejati Jawa Barat, Asep Nana Mulyana (Ketiga dari kanan) didampingi Kepala Kejari Depok, Mia Banulita (paling kanan) saat melakukan peresmian Galeri Pemulihan Aset, Jalan Siliwangi, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas (DOK. KEJARI DEPOK)
RESMIKAN : Kepala Kejati Jawa Barat, Asep Nana Mulyana (Ketiga dari kanan) didampingi Kepala Kejari Depok, Mia Banulita (paling kanan) saat melakukan peresmian Galeri Pemulihan Aset, Jalan Siliwangi, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas (DOK. KEJARI DEPOK)

Sebagai instansi penegakan hukum, Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok terus mengupayakan sejumlah inovasi. Belum lama ini, Kejari Depok menghadirkan Galeri Pemulihan Aset di Jalan Siliwangi, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. Berkonsep galeri, sejumlah barang bukti maupun barang rampasan negera tersimpan rapih layaknya di dalam galeri sungguhan.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, Satu per satu rombongan pejabat mulai memasuki Gedung Pemulihan Aset di Jalan Siliwangi, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas. Saat itu, suasana di gedung itu terlihat sangat sibuk. Sejumlah jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok kian berlalu-lalang.

Baca Juga: Cara Link Download Video CapCut Tanpa Tanda Air Melalui Savefrom.net, Tidak Instal Aplikasi Atau Software

Tidak lama kemudian, mobil berjenis sedan dengan warna hitam berkilau mulai memasuki gedung tersebut. Sangkin mengkilatnya, cahaya matahari yang membakar di pagi itu ikut terpantulkan.

Saat mobil itu terhenti, turun seorang perempuan dengan seragam berwarna coklat. Dia adalah Mia Banulita yang menjabat Kepala Kejari Depok. Dengan ramah, dia melemparkan senyuman kepada sejumlah orang yang berada di sekitarnya.

Kedatangannya memang dinantikan hampir seluruh orang yang berada di sana. Sebab, Mia Banulita akan melangsungkan peresmian Galeri Pemulihan Aset. Apalagi, galeri yang menyimpan barang bukti dan barang rampasan itu pertama di Indonesia.

"Tahun 2022 Kejaksaan Negeri Depok mengusulkan anggaran renovasi Kantor lama Kejaksaan Negeri Depok untuk lebih optimal menyimpan, mengamankan dan memelihara barang bukti dan barang rampasan negara dengan tujuan menjaga nilai ekonomis barang bukti dan barang rampasan negara," jelas Mia Banulita.

Baca Juga: Posyantek Cibarusah Wakili Kabupaten Bekasi di Jawa Barat, Inovasi Kancing dari Bambu

Sebelumnya, Galeri Pemulihan Aset itu merupakan Kantor Kejari Depok. Setelah pindah kantor kawasan Grand Depok City (GDC), gedung tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan barang bukti dan barang rampasan negera.

Hal ini sejalan dengan Instruksi Jaksa Agung RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Hasil Rapat Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 tertanggal 16 Desember 2020 yang menginstruksikan untuk mengoptimalisasikan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kejaksaan Republik Indonesia.

"Alhamdulillah pada Tahun 2022 Kejaksaan Negeri Depok mendapatkan anggaran untuk renovasi Gedung lama Kantor Kejaksaan Negeri Depok dengan menggunakan APBN yang berasal dari PNBP Kejaksaan Republik Indonesia dan pada Tahun yang sama kami dapat menyelesaikan renovasi Gedung lama Kantor Kejari Depok dengan fungsi penyimpanan, pengamanan dan pemeliharaan barang bukti dan barang rampasan negara serta sel tahanan yang sesuai standar operasional prosedur," papar Mia Banulita.

Baca Juga: Persiapan Mudik Lebaran di Bekasi: Belasan Bus Diperiksa, 4 Bus Tak Laik Jalan

Soal penamaan, kata Mia Banulita, pemberian namamya diberikan langsung Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Asep Nana Mulyana. Bahkan, sebelum penulisan Galeri Pemulihan aset terdapat logo Kejati Jawa Barat untuk pertama digunakan di Kejari Depok.

"Sesuai dengan nama Galeri Pemulihan Aset, kami dari Kejaksaan Negeri Depok mencoba untuk mengimplementasikan nama tersebut dengan menata penempatan dan memelihara barang bukti dan barang rampasan kendaraan bermotor seperti berada benar-benar di Galeri kendaraan bermotor," ujar dia saat peresmian, beberapa waktu lalu.

Halaman:

Editor: Junior Williandro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X