Rabu, 22 Maret 2023

Katar RW 04 Ratu Jaya Butuh Rp1,4 Miliar Buat Bangun Masjid

- Jumat, 3 Februari 2023 | 22:14 WIB
Pangkas Keliling Katar RW 04 Ratujaya
Pangkas Keliling Katar RW 04 Ratujaya

RADARDEPOK.COM - Sadar akan bangunan musala di wilayahnya yang tak memadai kapasitas warga dalam menunaikan ibadah, anggota Karang Taruna (Katar) Unit RW 04, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, tergerak untuk mengubah bangunan musala menjadi masjid Al-Ni'mah.

Pendamping Katar Unit RW 04, Kelurahan Ratu Jaya, Mega Grita Ananda mengatakan, pembangunan Masjid Al-Ni'mah ini masih membutuhkan dana senilai Rp1,4 miliar.

"Kami belum  kontribusi banyak terhadap masjid dilingkungan kami kan. Nah, akhirnya tercetuslah sebuah kegiatan yang bertajuk Bersama Bangun Masjid (BBM) ini," ujar dia.

Dalam program BBM ini, Anggota Katar  telah melaksanakan kegiatan pangkas keliling pada acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) perencanaan 2024 Kecamatan Cipayung, di Aula Kantor Kecamatan Cipayung, Rabu, (1/2).

Selain itu, mereka juga telah membuat festival BBM pada Sabtu, (28/1). Sejumlah kegiatan diadakan pada Festival BBM tersebut, seperti penjualan baju bekas atau thrifting, barbershop berkah, cek kesehatan dan acara hiburan.

"Nah waktu itu, pak camat tertarik BBM ini ikut di Musrenbang gitu kan. Yaudah akhirnya kami diberikan kesempatan, nah akhirnya jadilah kami buka pangkas rambut di Musrenbang," ujar dia.

Segala upaya dilakukan Katar Unit RW 04, Kelruahan Ratujaya, untuk percepatan pembangunan Masjid Al-Ni'mah ini. salah satunya juga dengan membuka donasi secara tunai maupun via transfer.

Lebih lanjut,dia menjelaskan, biaya pembangunan Masjid Al-Ni'mah memang memakan budget besar. Sebab, perlu membebaskan beberapa lahan di sekeliling Masjid.

"Kami memang harus membebaskan lahan, bukan tanah wakaf segala macam. Jadi, kita harus berurusan sama pemilik," jelas dia.

Memiliki jumlah Katar aktif hingga 50 orang. Rencananya Katar RW 04, Kelurahan Ratujaya pun akan mencari titik keramaian di Kota Depok untuk menggelar aksi mencari dana demi percepatan pembangunan masjid.

"Biaya yang dibutuhkan memang masih cukup banyak ya. Tapi, Alhamdulilah lingkungan kami anak mudanya banyak yang kreatif dan reponnya juga Alhamdulilah" sambung dia.

Mega pun berharap, pembangunan masjid Al-Ni'mah ini dapat segera terealisasi dan sesuai target, sehingga s dapat dipergunakan untuk Salat Ied bersama di 2023 ini.

"Masjid itu tidak ada masanya, beda sama manusia yang ada masanya. Kami berharap apa yang kami berikan saat ini, terutama buat Masjid Al Ni-mah benar-benar bisa berdiri, biar anak cucu kita bisa menikmati masjid ini. Ini menjadi PR besar buat kami,"tutup dia. (RD)

Jurnalis : Ashley 

Editor: Indra Abertnego

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Alam Kebun Tumbuh Family Gathering Perdana

Senin, 20 Maret 2023 | 09:45 WIB

Selamat Jalan Pendekar Merpati Putih

Jumat, 17 Maret 2023 | 14:52 WIB
X